Cara Diet OCD untuk Pemula, Cepat Dapatkan Tubuh Ideal

Cara Diet OCD untuk Pemula, Cepat Dapatkan Tubuh Ideal

Cara Diet OCD untuk Pemula, Cepat Dapatkan Tubuh Ideal

Cara Diet OCD untuk Pemula, Cepat Dapatkan Tubuh Ideal – Cara diet OCD untuk pemula mungkin bisa menjadi pilihan alternatif dari berbagai jenis diet yang ada dan popular di seluruh dunia. Bahkan jika ditelusuri lebih lanjut, ada berbagai macam jenis diet seperti diet alkaline, diet paleo, diet mayo, diet dukan, diet 5:2 dan lain sebagainya.

Sebenarnya, diet OCD sendiri adalah sejenis program diet yang menjadi sangat terkenal karena dipopulerkan oleh mentalist asal Indonesia. OCD merupakan singkatan dari Obsessive Corbuzier’s Diet (OCD) dan penemu diet ini Deddy Corbuzier.

Cara diet OCD untuk pemula sendiri mulai diperkenalkan pada tahun 2013 dan memang di awal kehadirannya cukup banyak menuai kontroversi, terutama dari pola makan yang dilakukan. Namun, lambat laun ternyata semakin banyak orang-orang yang memilih menjalankan cara diet OCD untuk pemula tersebut dan ternyata cukup berhasil, bahkan banyak yang akhirnya memberikan testimoni yang sangat positif tentang program diet OCD ini.

1. Jendela Makan Pertama

Saat jendela makan yang pertama Anda memiliki waktu makan selama 8 jam, lalu dilanjutkan dengan berpuasa hingga 16 jam.

Contohnya:

Anda makan pada pukul 10 pagi, maka selama 8 jam ke depan, tepatnya hingga pukul 6 sore, Anda masih diperbolehkan untuk memakan apapun. Kemudian, sisa 16 jam selanjutnya Anda wajib untuk berpuasa. Puasa di sini yaitu puasa untuk tidak mengonsumsi makanan, tapi masih diperbolehkan untuk minum.

Namun, jenis minuman yang bisa dikonsumsi hanya sebatas air putih atau air non-kalori saja. Dan meski boleh mengonsumsi berbagai jenis makanan, tapi Anda jangan mengonsumsinya secara berlebihan

2. Jendela Makan Kedua

Lalu, pada jendela makan kedua ini Anda memiliki waktu bebas makan 6 jam sedangkan sisa 18 jam berikutnya Anda harus berpuasa.

Contohnya:

Pada pukul 11 siang Anda mulai makan, dan tandanya waktu makan berakhir pada pukul 5 sore dan sisanya harus berpuasa.

Namun, untuk Anda yang telah terbiasa dengan jendela makan pertama dan merasa sulit melakukan jendela makan kedua jangan khawatir, Anda juga bisa menggabungkannya.

Misalkan, dalam waktu satu minggu Anda menjalankan jendela makan pertama selama 6 hari, sisanya 1 hari menjalankan jendela makan kedua. Anda cukup secara konsisten melakukan hal tersebut, agar tubuh Anda bisa menyesuaikan dengan jendela makan kedua.

3. Jendela Makan Ketiga

Pada diet OCD memang semakin tinggi tingkatannya maka waktu untuk makan Anda semakin terbatas. Hal ini bisa dilihat dari diet OCD level tiga, dimana Anda diizinkan untuk makan selama 4 jam saja, lalu sisa 20 jam lagi Anda harus berpuasa.

Contohnya:

Pada pukul 11 siang Anda mulai makan dan Anda diperbolehkan makan hingga pukul 3 sore. Setelah itu dilanjutkan dengan 20 jam berpuasa.

Namun, jika masih susah untuk menjalankanya, Anda bisa melakukan kombinasi seperti jendela sebelumnya, yaitu dengan mulai dari Senin sampai Kamis, Anda menjalankan jendela makan pertama, hari Jumat dan Sabtu menjalankan jendela makan kedua, lalu pada hari Minggu menjalankan jendela makan ketiga.

4. Jendela Makan Keempat

Jendela makan keempat menjadi jendela paling akhir. Pada jendela makan ini, Anda hanya diperbolehkan makan sekali saja dalam sehari. Dan untuk kapan waktu makannya terserah Anda.

Contohnya:

Misalkan pukul 11 siang Anda makan maka Anda boleh makan lagi pukul 11 siang pada esok harinya.

Mungkin jendela tahap ini cukup ekstrim, tapi jangan takut dahulu, Anda tetap boleh menggabungkannya dengan ketiga level sebelumnya.

Cara Diet OCD untuk Pemula yang Wajib Diperhatikan

1. Hindari sarapan

Berbeda dengan diet lainnya, menurut Deddy sarapan hanya menambah insulin yang akan menyebabkan Anda mengantuk. Jadi ada baiknya Anda mulai makan 3-4 jam sesudah Anda terbangun dari tidur.

2. Tidak makan berlebihan

Seperti yang sempat disinggun di awal tadi, untuk menghindari makan berlebih. Makanlah sesuai dengan porsi Anda biasanya.

3. Naik ke tiap tingkat secara bertahap

Anda tidak perlu melakukan diet OCD ini langsung dari level yang susah. Cukup lakukan tingkatan yang mudah. Setelah tubuh mulai melakukan adaptasi, maka Anda bisa tingkatkan pada jendela makan kedua. Setelah berhasil terapkan jendela makan ketiga, dan seterusnya.

4. Olahraga rutin

Dengan olahraga secara rutin selama melakukan diet OCD, maka berat badan ideal atau bentuk tubuh ideal yang akan lebih cepat terlihat. Jenis olahraga yang dilakukan juga tidak perlu yang terlalu berat. Anda cukup melakukan olahraga ringan seperti jogging, sit-up, dan push-up.

Releated

Makanan Tinggi Protein Rendah Lemak, Cocok untuk Diet

Makanan Tinggi Protein Rendah Lemak, Cocok untuk Diet

Makanan Tinggi Protein Rendah Lemak, Cocok untuk Diet Makanan Tinggi Protein Rendah Lemak, Cocok untuk Diet – Makanan tinggi protein rendah lemak bisa dapat membantu menurunkan kalian yang ingin menurunkan berat badan. Protein adalah bagian penting dari pola makan seimbang. Protein berfungsi meningkatkan metabolisme, mengurangi nafsu makan dan mengubah beberapa hormon pengatur berat badan. Protein […]