WHO Menyarankan Lepas Masker Ketika Berolahraga Di Luar, Yakin Bisa Jaga Jarak?

WHO Menyarankan Lepas Masker Ketika Berolahraga Di Luar, Yakin Bisa Jaga Jarak?

Testy festy – Seluruh masyarakan dianjurkan untuk menggunakan masker saat beraktifitas diluar ruangan selama wabah pandemi corona-19 untuk mencegah penularan. Sebagian dari kita semua merasa tidak nyaman ketika harus menggunakan masker ketika berolahraga, dengan alasan “ngap” dan butuh aliran oksigen lebih.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) beberapa waktu yang lalu mengatakan bahwa ada baiknya masker di lepas saat berolahraga di luar ruangan. Dengan alasan karna masker menghalangi kemampuan bernafas seseorang dan juga keringat dapat menyebabkan masker menjadi lebih cepat basah sehingga mudah bagi mikroorganisme untuk berkembang.

WHO tetap menghimbau kepada masyarakat untuk berjaga jarak setiap satu meter. Hal yang paling sulit bahwa orang Indonesia selalu berkumpul bersama saat setelah selesai berolahraga. Hal inilah yang buat kita menentang dari anjuran WHO.

Mengenai hal ini, Perhimpunan Dokter Spesialis Kedokteran Olahraga (PDSKO) juga mengatakan bahwa kita harus melihat kendala dari penggunaan dan tujuan olehraganya.

Jika hanya sekedar untuk meningkatkan imun tubuh maka olahraga sebaiknya dilakukan dengan intensitas ringan hingga sedang dan dalam kasus ini tidak masalah memakai masker. Sementara itu mereka yang olahraga dengan intensitas berat karena ingin meningkatkan performa, misalnya atlet, memang tidak disarankan memakai masker.

Michaeil Triangto, SpKO, seorang ahli kedokteran olahraga dari slim + Health Sports teraphy mengatakan anjuran WHO bukan hanya untuk seorang saja namun untuk semua kalangan. Ia menyarankan agar seluruh masyarakat tetap menggunakan masker sekalipun saat sedang berolahraga.

“Kalau saya bicara untuk orang yang berolahraga untuk sehat, tentunya harus berolahraga intensitas ringan sampai sedang. Artinya tidak sampai berkeringat, tidak sampai masker itu basah karena saya bernapas lewat mulut,” kata dr Michael pada detikcom, Rabu (17/6/2020).

Sebenarnya Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi DKI Jakarta sudah membuat aturan protokol kesehatan di fasilitas olahraga. SK Kadispora DKI Jakarta Nomor 91 Tahun 2020 mengatakan semua pengguna fasilitas umus wajib mengenakan masker

Releated

Perusahaan Ini Ciptakan Antibodi Penangkal Corona

Perusahaan Ini Ciptakan Antibodi Penangkal Corona

Perusahaan Ini Ciptakan Antibodi Penangkal Corona Perusahaan Ini Ciptakan Antibodi Penangkal Corona – Sebuah perusahaan di South Dakota, negara bagian AS, akan mulai uji coba untuk pengobatan COVID-19 antibodi yang berasal dari plasma darah sapi. Tapi ini bukan ternak sembarangan. Para ilmuwan rekayasa genetika hewan untuk sistem kekebalan tubuh mereka mirip dengan manusia. Sehingga hewan […]